Sabtu, 07 Juli 2018

Web User Friendly

Web yang User Friendly

ciri-ciri website yang user friendly : 
1. Berjalan dengan baik pada semua perangkat
     Saat ini pengunjung mengakses sebuah website menggunakan bermacam-macam perangkat dan tentu saja dengan berbagai ukuran layar. Ada yang mengakses dengan komputer desktop, komputer tablet dan smartphone.

2. Waktu loading cepat
Sebuah situs bisa menjadi lebih berat ketika terlalu banyak sumber daya yang berbeda seperti gambar, javascript, media sosial, audio maupun video.
Perkembangan-perkembangan tersebut tentu saja bisa membuat website menjadi lambat dan pengunjung bisa kesal dan akhirnya meninggalkan website.
Faktor kecepatan ini tentu saja termasuk salah satu syarat website Anda user friendly, website yang cepat akan semakin disenangi oleh pengunjung. Anda bisa menguji seberapa cepat website Anda, dan mereka juga akan memberikan masukan apa yang harus diperbaiki jika website dianggap lambat.

3.  Navigasi yang intuitif

Sebuah navigasi situs web adalah seperti panel kontrol bagi sebuah website. Navigasi yang baik akan disenangi oleh pengunjung, menu navigasilah yang akan menuntun pengujung untuk menjelajahi seluruh konten website.

Navigasi yang mudah dimengerti akan membuat pengunjung bisa menyesuaikan diri dengan cepat. Hal ini penting, karena jika pengunjung tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya di website tersebut, akhirnya mereka akan menekan tombol “back” yang ada di browser, atau bahkan tombol “close” dan meninggalkan website tersebut. Sistem Navigasi yang baik adalah yang ringkas/rapih, terlihat dengan jelas pada setiap halaman.

4. Konten berkualitas

Ketika seseorang mengakses sebuah website, tentu saja yang mereka cari adalah kontennya, meskipun itu hanya sekedar ingin mencari nomor telepon dan alamat.

Pengunjung tentu akan lebih suka jika konten yang disajikan menarik dan bermanfaat, apabila konten website tersebut dirasa kurang menarik tentu mereka akan mencari diwebsite lain. Jadi konten yang berkualitas termasuk salah satu faktor dalam membuat website yang user friendly.

Sebagai saran untuk Anda, konten yang berkualitas juga ditunjang dengan kelengkapan data seperti gambar, video dan tabel jika diperlukan.

5. Teks mudah untuk dibaca
Kualitas desain tipografi sebuah situs adalah faktor lain dalam menentukan apakah sebuah website sudah user friendly atau belum. Jika tulisan di website Anda sulit dibaca, baik itu karena perpaduan warna yang tidak tepat, jarak yang terlalu rapat, ukurannya yang sangat kecil, atau terlalu besar tentu akan membuat pengunjung mengalami kesulitan. Jangan sampai pengunjung meninggalkan website Anda hanya karena ukuran font yang sedikit agak kecil.

  • Pengertian User Friendly


          User Friendly artinya ramah pengguna, yakni mudah dipindai (scannable), enak dibaca atau mudah dibaca (readable), dan mudah dimengerti. User Friendly juga berarti mudah digunakan atau memudahkan pengunjung blog.
Blog user friendly memudahkan pengguna untuk mencari informasi, termasuk memasang Kotak Pencarian serta memasang widget posting terbaru, posting terpopuler, related post, random post, dan next-previous post.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar