Kamis, 13 Oktober 2016

TUGAS SOFTSKILL - PENGANTAR STATISTIKA


Pengguna Internet di Indonesia Tahun 2015


      Data yang diambil dari berbagai sumber yang berbeda, dan diambil berdasarkan waktu yang berbeda, & data yang ditulis berikut ini merupakan karangan penulis sendiri/tidak mengutip dari sumber manapun bila tidak ada keasamaan atau kecocokan mohon dimaklumi.
Seiring berjalanya waktu pengguna internet di Indonesi pada tahun kebelakang ini semakin meningkat, hal ini dinyatakan semakin banyaknya kebutuhan dibidang sosial.
Hal menarik pertama yang kita temukan adalah sebuah fakta bahwa pengguna internet di Indonesia sudah mencapai angkat 88,1 Juta. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang ada 252,4 Juta, maka dapat dikatakan bahwa penetrasi pengguna internet di negara ini mencapai 34,9%. Angka tersebut meningkat cukup banyak bila dibandingkan dengan tahun 2013 dimana penetrasi internet baru mencapai 28,6%.
Data dibawah ini adalah contoh seberapa besar pengguna internet di Indonesia pada tahun 2015, namun saya menerapkan data yang lebih spesifik untuk mempermudah pekerjaan tugas ini.
Berikut adalah data yg diambil dari pengguna internet pada tahun 2015 sebagai berikut :


                        Wilayah
                   Pengguna internat
Jawa – Bali
52 Juta
Sumatera
18,6 Juta
Sulawesi
7,3 Juta 
Nusa Tenggara, Papua dan Maluku
4,2 Juta
Kalimantan
16,4 Juta.


Dalam data bentuk histogram frekuensi skala puluhan
Wilayah Jawa dan Bali menjadi wilayah yang memiliki pengguna internet terbanyak di Indonesia dengan 52 Juta. Disusul dengan Sumatra yang berjumlah 18,6 Juta dan Sulawasei yang memiliki 7,3 Juta pengguna internet. Wilayah Nusa Tenggara, Papua, dan Maluku memiliki jumlah 5,9 Juta. Dan terakhir, wilayah Kalimantan dengan jumlah pengguna internet sebanyak 4,2 Juta. Anda bisa melihatnya pada gambar di atas. Jawa Barat menjadi provinsi dengan pengguna internet terbanyak, yaitu sebanyak 16,4 Juta.
   Disamping dalam survey tersebut ternyata, 85% dari jumlah pengguna internet di Indonesia menggunakan perangkat seluler saat berselancar di dunia maya. Perangkat kedua yang paling sering digunakan adalah Laptop, disusul PC/Komputer, dan terakhir Tablet. Kebanyakan orang mengakses internet dari rumah dan rata-rata waktu penggunaan 1 hingga 3 jam per harinya.

                        Akses Internet
                   Frekuensi
Telepon seluler
85%
Laptop/ netbook
32%
Pc/ komputer
14%
tablet
13%

                                                Dalam bentuk Pie Chart skala puluhan

 Dibawah ini data yang di ambil dari tiap pemakaian penggunaan internet yang dinyatakan pada setiap pengguna internet pada tahun 2015.
       Media sosial yang di gunakan
                     Frekuensi
Menggunakan jejaring sosial
87,4%
menggunakan info/ searching/browsing
68,7%
Instant messaging
59,9%
Mencari berita terkini
59,7%
Video streaming download / upload video
27,3%
Berkomunikasi menggunakan e-mail
25,4%
Jual beli online
11,0%
Game online video call
10,0%
Forum online/ komunitas online
4,3%

                                     Data menggunakan ogif Frekuensi skala puluhan











Tidak ada komentar:

Posting Komentar